Senin, 17 Januari 2011

Nilai Kepemimpinan Masyarakat Buol

Sebagaimana komunitas masyarakat lainnya di muka Bumi, Suku Buol juga memiliki sistem kemasyarakatan yang dipenuhi nilai-nilai luhur. Nilai tersebut hingga kini masih terpelihara dengan tata kehidupan bermasyarakat.
Salah satu nilai yang diwariskan budaya Buol pada masyarakatnya, adalah nilai-nilai utama kepemimpinan. Sifat-sifat tersebut pada masa lampau menjadi syarat yang melekat pada seorang Madika (raja). Namun demikian, karena nilai-nilai tersebut bersifat universal, bukan berarti sifat tersebut hanya melekat pada seorang Madika semata. Dalam level kepemimpinan apapun, masyarakat Buol dapat menjadikan sifat utama itu sebagai pijakan dan dasar filosofis kepemimpinan.

SIFAT MADIKA
Secara khusus, seorang pemimpin dalam pandangan masyarakat Buol, paling tidak memiliki tiga sifat utama. Sebagaimana diungkapkan Madika Buol H. Mahmud Turungku dalam bukunya “Upacara Adat Tradisional Buol” terbitan Badan Pekerja Dewan Adat Kabupaten Buol, seorang Madika harus memiliki sifat Mokodolyo, Artinya seorang pemimpin atau Madika diharuskan memiliki kemampuan menempatkan diri sebagai suri tauladan dan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Buol.
Jika ditarik lebih luas dalam konteks kepemimpinan masa kini, seorang pemimpin dalam level apapun dituntut hidup bersih, memiliki banyak kelebihan dan dapat dibanggakan seluruh masyarakat Buol.
Sifat kedua, Mokolyokopo, Seorang Madika atau pemimpin hendaknya mampu bergaul dengan masyarakatnya secara egaliter tanpa memandang status sosial. Dengan sifat seperti itu, seorang pemimpin hendaknya memiliki kemampuan membangun kehendak cipta, karya dan karsa masyarakatnya secara kolektif.
Seorang pemimpin tidak dibenarkan bertahta diatas menara gading kekuasaan. Dia harus turun kebawah, menyatu dengan masyarakatnya. Dengan cara seperti itu, seorang pemimpin diharapkan mampu menyelami perasaan, masalah dan kebutuhan masyarakatnya. Kemampuan menyelami perasaan, masalah dan kebutuhan masyarakat, akan membuat seorang pemimpin tampil sebagai problem solver, orang yang mampu mencari jalan keluar atas berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat.
Sifat ketiga seorang Madika atau pemimpin adalah Mokoapoto, Sifat ini berarti seorang pemimpin mesti mampu memberikan dorongan bagi masyarakatnya kreatif berkarya dalam berbagai dimensi kehidupan. Dengan sifat ini, seorang pemimpin tampil sebagai dinamisator yang mampu menggerakan masyarakatnya hidup dinamis dengan berbagai karya nyata.
Ketiga sifat itu terungkap dalam pembukaan acara pelantikan (Moposumbah) Madika yang diucapkan sesepuh adat (Tiombunoto) sebagai berikut :
“Pongindungogu tau tandanio, tilonoitalyu, tilomodipelo, tilomoboongo. Ato wonu konginoa kito moginggalyo Madikano Lripu. Taa pongindungogano taa botukano dungano sifat-sifatio Mokodolyo (Ing Ngarso Sung Tuladha), Mokolyokopo (Ing Madya Mangun Karso), Mokoapoto (Tut Wuri handayani)”. (Mahmud Turungku, 2005:10)
SYARAT MADIKA
Selain sifat utama diatas, masih ada syarat adat lainnya yang harus dipenuhi seorang Madika. Seperti diungkapkan Madika Mahmud Turungku dalam bukunya, ada empat syarat yang harus dipenuhi seorang Madika. Pertama, Madika diangkat dari garis keturunan Raja yang mangkat, sebagaimana telah dipersiapkan lebih dulu. Syarat ini secara khusus melekat pada seorang Madika pengganti. (Mahmud Turungku, 2005:4)
Dalam konteks kepemimpinan yang lebih luas, dapat ditarik nilai filosofis, untuk menjadi seorang pemimpin harus benar-benar mempersiapkan diri, jauh sebelum masa kepemimpinan. Menjadi seorang pemimpin, tidak serta merta muncul begitu saja, tanpa persiapan matang.
Kedua, ada empat syarat ada yang harus dipenuhi seorang Madika. 
  • Syarat pertama, Tau dulri-dulri bangsawanio, Artinya seorang Madika diangkat dari calon yang memiliki status kebangsawanan lebih tinggi. 
  • Syarat kedua, Tau dulri-dulri tutumolrio, atau orang tertua atau yang dituakan. Dituakan disini tidak dibatasi umur. Meski umur masih muda, jika ia dituakan maka syarat adat telah terpenuhi. 
  • Syarat ketiga dan keempat adalah Tau dulri-dulri totaunio dan Tau mopio gugutonio. Seorang Madika disyaratkan memiliki pengetahuan luas, termasuk bidang agama yang dianut sebagian besar masyarakat Buol dan memiliki budi pekerti luhur.
Syarat ketiga dan keempat ini, merupakan syarat kepemimpinan universal. Artinya, syarat seperti ini hendaknya juga diterapkan pada pemimpin masa kini, dalam level kepemimpinan apapun. Tanpa budi pekerti yang baik dan pengetahuan luas, bukan saja seorang pemimpin akan gagal, tapi juga tidak dapat dijadikan teladan sebagaimana sifat kepemimpinan seorang Madika, Mokodolyo.
Ditengah kehidupan masyarakat yang makin permisif (serba boleh dan tanpa batas) dan budaya korupsi yang makin demokratis, syarat kepemimpinan masyarakat buol sebagaimana diatas, sangat relevan untuk diterapkan. Hanya dengan budi pekerti baik dan pengetahuan yang luas, permisifisme dan budaya korupsi dapat dilawan.
Syarat pengetahuan yang luas, juga penting untuk memajukan kehidupan masyarakat. Syarat tersebut bermanfaat untuk membuat perencanaan, pengeloaan dan evaluasi pembangunan. Dengan pengetahuan yang luas, seorang pemimpin juga diharapkan mampu membaca kehendak jaman dan berbagai persoalan yang timbul di tengah masyarakat.


PEMERSATU WILAYAH
Seorang Madika juga memegang amanat memersatukan wilayah. Peran sebagai seorang pemersatu wilayah terungkap dalam acara Kuutono. Acara ini merupakan rangkaian acara penetapan seorang Madika Buol setelah Bokidu (musyawarah penetapan Madika oleh dewan adat) dan sebelum Moposumbah (acara pengambilan sumpah janji seorang Madika), dimana calon Madika dalam acara Kuutono, mempersiapkan diri dengan semedi (kontemplasi) selama satu malam, untuk merenungkan betapa berat tugas yang harus diemban. Calon Madika diberikan petuah oleh tokoh adat dan agama tentang tugas-tugasnya, selanjutnya diberikan kesempatan untuk bermunajat pada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Esok harinya setelah melakukan semadi Calon Madika melakukan pembersihan diri secara lahiriah. Pembersihan diri dilakukan dengan mandi menggunakan air yang disimpan dalam Guungo (Gong Besar), yang telah diisi air dari tujuh sumber air yang terdapat pada wilayah adat berbeda. Adapun wilayah adat tersebut adalah Kecamatan Paleleh-Talaki, Bunobogu, Bokat-Lonu, Momunu-Pogogul, Lipunoto-Kumaligon, Gadung-Bolagidun dan Tiloan-Unggag Motanang (Air Terang). Air biasanya telah dipersiapkan tokoh adat dari ketujuh wilayah tersebut dan disimpan dalam ruas bambu.
Pengambilan air dari dari tujuh sumber air berbeda, mengartikan bahwa tempat pengambilan air sebagai satu kesatuan wilayah yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Seorang Madika, tidak boleh membeda-bedakan wilayahnya. Nilai filosofis yang dapat ditarik dari hal ini, seorang pemimpin masa kini hendaknya tidak membeda-bedakan wilayah yang dipimpinnya. Dalam dunia pemerintahan, seorang pemimpin, tidak boleh membeda-bedakan kualitas dan kuantitas pembangunan wilayah. Atau secara sederhana, proses pembangunan harus berjalan secara adil dan merata bagi seluruh wilayah. Nilai lain yang dapat diambil, seorang pemimpin memiliki kewajiban mempertahankan wilayahnya, sekaligus mengayomi masyarakat yang bermukim di wilayah kekuasaannya.

BUDAYA RELIGIUS
Selain sifat dan syarat kepemimpinan sebagaimana diatas, seorang Madika Buol juga dituntut untuk mengamalkan nilai-nilai agung yang terkandung dalam Kitabullah. Hal itu dikarenakan adat Buol dilandasi nilai-nilai agama sebagaimana semboyan yang cukup terkenal, “Adat bersendikan syara’, Syara’ bersendikan Kitabullah”. (Mahmud Turungku, 2005:1)
Dalam konsep kepemimpinan religius masyarakat Buol yang mayoritas beragama Islam, maka karakter dan sifat kepemimpinan Rasulullah SAW menjadi rujukan utama. Sifat kepemimpinan Rasulullah SAW yang ditransformasikan dalam kepemimpinan seorang Madika adalah sifat Tabligh, Siddiq, Amanah dan Fathonah.
Sifat yang melekat pada Madika Buol tersebut mengajarkan pada pemimpin masa kini, untuk menjadikan nilai-nilai religius sebagai pijakan dan dasar kepemimpinan. Tanpa nilai-nilai religius, kepemimpinan akan terjebak pada sikap materialisme dan mengejar kehidupan profan semata. Ajaran ini menyampaikan pesan luhur masyarakat buol, menumbuhkembangkan budaya religius pada siapapun, ketika memegang amanah kepemimpinan tanpa meninggalkan nilai-nilai spiritual yang diajarkan agama. Karena kepemimpinan akan dimintai pertanggung-jawabannya kelak di hadapan Tuhan. Kepemimpinan tidak sekadar dipertanggungjawabkan pada rakyat, bangsa dan negara. Sungguh sebuah nilai budaya yang sangat agung nan luhur.***


Pimpinan Majelis Adat Buol menyematkan selendang penghargaan sebagai warga kehormatan dengan gelar Tau Noto kepada Dahlan Iskan

Teks : http://mastemu.blogspot.com
Sumber : Upacara Adat Tradisional Buol, Karya H. Mahmud Turungku

1 komentar:

Nisma Abdullah Sakulati mengatakan...

Ijin share ya....

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentar...!!!